Membentuk Karakter Diri

http://lakso.files.wordpress.com/2009/06/japanface.jpgRibuan buku memenuhi perpustakaan dan rak-rak toko buku, tak terhitung jumlah buku yang mengajarkan kita tentang cara menjual, cara bernegosiasi dan cara mengelola juga cara berkomunikasi.

Titel kesarjanaan dan diploma tersedia dalam bidang komputer, akunting, kedokteran, hukum dan keuangan dsb, ada juga kursus-kursus yang mengajarkan cara berpakaian agar menjadi orang sukses, cara berbicara didepan umum, cara membuat daftar riwayat hidup, cara melakukan wawancara yg yang baik, cara menentukan sasaran dan cara membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Namun demikian, tanpa KARAKTER yang menyertai kemampuan-kemampuan dan kecakapan tersebut, SUKSES yang diraih hanya berada dipermukaan saja.

Kesuksesan semacam ini akan hancur kalau menghadapi tekanan atau stress untuk dapat benar-benar mempertahankan dan mengembangakan KARAKTER, kita harus membentuk nilai-nilai moral dan tingkah laku serta kebiasaan pribadi kita yang berdasarkan Kepercayaan dan Rasa Hormat pada orang lain. Proses ini berjalan seumur hidup dan akan dilakukan dengan NIAT Sepenuh hati.

Karakter yang baik tidak muncul secara kebetulan. Integritas tidak akan muncul secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Anda harus sengaja menentukan PILIHAN untuk menjadi seseorang yang memiliki integritas dan untuk memperkuat nilai-nilai karakter….. Kemampuan, Kepribadian, Motivasi yang tinggi dan Bakat bisa saja membawa kepuncak kesuksesan tetapi Karakterlah yang akan mempertahankan anda dipuncak tersebut…….

http://tawvic.files.wordpress.com/2009/02/nosepick.jpg

Dimana kita harus memulai memperkuat karakter kita ?

Ada pepatah lama yang penuh rahasia:

Jika kita menanam PIKIRAN, kita akan memetik TINDAKAN
Jika kita menanam TINDAKAN, kita akan memetik KEBIASAAN
Jika kita menanam KEBIASAAN, kita akan memetik KARAKTER
Jika kita menanam KARAKTER, kita akan memetik NASIB……

Dengan demikian karakter dimulai dari apa yang kita PIKIRKAN, Karakter berakar pada kebiasaan sehari-hari termasuk kebiasaan berpikir…. Jadi Karakter merupakan HASIL dari cara kita berpikir dan bertindak sehari hari……..

5 Komentar (+add yours?)

  1. dewi
    Feb 26, 2011 @ 11:01:46

    hai…

    Saya seorang wanita dewasa berumur 26 th.
    Diusiaku yang menjelang dewasa ini karakter sifatku sama seperti karakter anak 17 th.
    Saya sangat bertempramen tinggi, mudah tersinggung, kadang bersifat kekanak-kanakan.
    Saya ingin merubah itu semua.
    Saya mau menjdi wanita yang memiliki karakter bagus dan enak untuk disekeliling saya.

    Mohon dibantu dan di beri solusi.

    Terima Kasih.

    Balas

  2. dewi
    Feb 26, 2011 @ 11:02:49

    tolong kirim balasan ke fb saya

    moprincess@ymail.com.

    terima kasih.

    Balas

  3. Sekolah Nusaputera
    Mei 05, 2011 @ 11:42:47

    Slmat pagi, kami dari sekolah nusaputera, beberapa hari lalu kami menulis artikel untuk keperluan buletin di sekolah kami dngn judul “Ketika Nusaputera Menerapkan Pendidikan Berbasis Karakter” semoga bisa menamabh wacana dari pembentukan karakter di usia dini

    Balas

  4. Dewi
    Okt 20, 2011 @ 13:13:58

    saya bekerja disalah satu pernbankan, saya bingung dengan apa yang harus saya lakukan, kadang pimpinan beranggapan saya kurang inovasi dan kurang brtanggung jawab, saya selalu berusaha to memberikan yang terbaik, tetapi tetap saja selalu salah. saya mohon bantuan dan masukan apa yang harus saya lakukan.
    terimasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

