Karakter Manusia

janin.jpg janin image by billyoctoraAda 4 (empat) prinsip dasar yang dapat digunakan untuk membangun sikap yang tepat saat anda membentuk nilai diri yang sejati. Ke-4 (empat)  prinsip dasar dimaksud, adalah :

1) Bertanggung jawab untuk menggambarkan kembali diri anda. Ini merupakan pilihan yang bisa anda ambil dan anda sendirilah yang bisa menentukan untuk diri anda sendiri. Sadarilah bahwa kalau anda membiarkan orang lain memberi gambaran tentang diri anda, maka anda akan sampai pada kesimpulan yang destruktif dan tidak berdasar.

Pasalnya, sesungguhnya TIDAK ada orang lain yang benar-benar bisa melihat secara keseluruhan siapa diri anda atau apa-apa yang anda inginkan didalam bathin anda.

2) Definisikan kembali diri anda berdasarkan karakter, integritas dan reputasi.
Unsur-unsur ini merupakan aspek ABADI yang ada pada diri seseorang. Hal-hal yang berada dipermukaan sifatnya hanya sementara.

3) Berhentilah melihat orang lain kalau anda ingin memperkaya diri anda secara berkala.
Sebagian orang langsung kecewa kalau mereka tidak medapatkan pengkuan, imbalan atau pujian dari orang lain. Cara terbaik untuk mengantisipasinya, adalah dengan melakukan kabalikannya. Jadilah orang yang senang MEMBERI pengakuan, imbalan dan pujian. Kalau anda bisa mengalihkan fokus dari diri anda menjadi fokus kepada apa yang bisa anda berikan kepada orang lain, maka mereka akan membalas lebih banyak dari apa yang anda berikan kepada mereka. Disisi lain kalau secara emosional anda selalu mengharapkan perhatian maupun rasa sayang dari orang lain biasanya anda akan merasa kecewa.

4) Kenalilah perbedaan diantara bakat-bakat yang diberikan oleh Tuhan dan Karakter.
Mula-mula kita harus memfokuskan diri pada karakter. Bakat yang telah diberikan Tuhan adalah hal-hal yang tidak perlu disombangkan atau dibesar-besarkan. Bakat merupakan rahmat bagi yang bisa memanfaatkan untuk membantu orang lain. Ada yang berbakat musik, tampan atau cantik, pandai, atletis dan bakat-bakat lainnya yang berhubungan dengan bawaan dari lahir. Bakat sebetulnya tidak akan terlalu BERMANFAAT kecuali kalau dekembangkan dan digunakan untuk menolong sesama. Sebaliknya karakter BUKAN-lah bawaan dari lahir. Karakter adalah sesuatu yang harus kita kembangkan, karena pada akhirnya karakterlah yang menetukan BAGAIMANA dan SAMPAI DIMANA kita bisa menggunakan bakat-bakat bawaan kita untuk menolong orang lain. jadi, bakat bukan faktor yang menentukan tetapi yang sangat menetukan, adalah : “KARAKTER”,-

Oleh : Grace M. E. Wetik,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: