Nilai Yang Menakjubkan

https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/_yuLXFvZv4oM/SVB4lMF5DuI/AAAAAAAAAAo/NTYfpMsrYlM/s320/bunga.jpgPada dasarnya semua orang memiliki potensi dan bakat yang unik yang diberikan Tuhan.

Namun salah satu hal yang sulit dimiliki dan dipertahankan dalam hidup ini adalah sikap menghargai apa yang kita miliki dan siapa kita.

Jutaan orang hidup didunia ini dengan memberikan citra buruk terhadap diri sendiri; karena tidak menghargai potensi yang ada dalam diri mereka.

Mereka hanya terfokus pada kegagalan yang tampak dari luar saja dan bukan melihat potensi-potensi yang ada didalam diri mereka. Mereka hanya membiarkan kemampuan luar biasa mereka tertutup rangka keras berupa keragu-raguan dan perasaan yang tidak aman. Karena itu mereka segera menutupi rasa mindernya dengan pakaian model terakhir agar tampak terkesan percaya diri dan berharga di mata orang lain.

Memberikan citra diri yang positif bukan dilakukan dengan cara menyenangkan orang lain atau dengan mengikuti trend yang sedang populer, tetapi mengenal dengan baik siapa diri anda, kelebihan-kelebihan apa yang anda miliki.

Anda juga harus tahu apa yang anda tuju dan apa yang anda cari. Galilah kelebihan-kelebihan dan bakat-bakat yang anda miliki, tetapi anda juga harus belajar bagaimana menerima dan mengendalikan kelemahan- kelemahan anda.

Memberikan citra diri yang postif jangan diartikan dengan mencapai kesempurnaan, tetapi berusahalah untuk memberikan hal yang terbaik dari diri kita.

Citra diri yang positif juga bukan berarti harus memenangkan persaingan atau membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain. Namun yang benar adalah senantiasa memaksimalkan apa yang mampu anda lakukan.

Orang yang mempunyai citra diri positif yang sebenarnya, yakni memiliki :

–  Kemampuan untuk melakukan keseimbangan.
–  Kemampuan untuk menentukan pilihan.
– Kemampuan untuk menerima secara wajar segala kesuksesan dan kegagalan.
–  Kepribadian yang kuat.

Oleh : Grace M. E. Wetik,-

2 Komentar (+add yours?)

  1. z4nx
    Des 29, 2009 @ 21:07:32

    tulisan yg bermanfaat, salam kenal

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: