Mengurangi Kekalutan Emosi Yang Berakibatkan Ketidak Seimbangan Hormon

https://i2.wp.com/www.detikhot.com/images/content/2009/01/21/227/InfoD.jpgKekalutan emosi bisa berakibat pengaruh besar sekali terhadap sistem reproduksi, menyebabkan pendarahan yang sedikit atau tidak ada sama sekali pada beberapa wanita, atau pendarahan yang berkepanjangan pada wanita lain.

Mengapa masalah ini terjadi ? dalam sejarah evolusi yang panjang lebih baik bagi manusia kalau hanya sedikit kehamilan yang terjadi pada masa-masa kekalutan sosial atau pribadi atau selama masa kesulitan, kelelahan, kelaparan atau ketakutan yang berkepanjangan.

Kalau kita mengalami keadaan emosi negatif yang kuat atau lama satu wilayah dalam otak yang mengendalikan fungsi ovarium mungkin tidak akan bekerja dengan baik ovulasi bisa menajdi tidak teratur dan berbagai masalah yang ada hubungannya dengan hormon bisa terjadi, masa haid bisa terhenti sama sekali atau pendarahan menjadi kacau dan terus tidak berhenti.

Setelah keadaan jiwa tertekan bisa teratasi, wanita kerap kali kembali ke jadwal pendarahan yang lebih teratur. Bagi wanita yang lebih tua, ini akan berarti transisi yang lebih mulus memasuki masa menapouse.

Bagaimana kita akan mengatasi stress yang di sebabkan oleh hubungan yang diliputi perasaan yang tidak tenang, masalah keuangan yang menjadi beban… Kita masing-masing harus menemukan cara sendiri, memberi diri kita kesempatan untuk berkonsultasi dengan kebijaksanaan hati sanubari kita yang kadang mendapat jawaban dari pengarahan orang lain atau dari doa dan meditasi atau kadang dengan mengambil tindakan yang menentukan.

Kalau kita sudah mulai bertindak untuk mengatasi persoalan banyak fungsi tubuh yang tadinya tidak terganggu akan mulai membaik..

Faktor-faktor yang kerap timbul akibat tekanan jiwa atau stress yang berlebihan bisa membuat keadaan lebih buruk.

Banyak wanita yang mencari penyelesaian dengan cara :

Merokok : Wanita perokok kerap kali mempunyai masalah yang berhubungan dengan pendarahan abnormal. Subtansi yang terdapat dalam asap rokok seperti nikotin dan karbon monoksida masuk ke pembuluh darah dan masuk ke indung telur, menyebabkan terhenti ovulasi terlalu dini. Mengisap rokok juga memberikan pengaruh kepada kelenjar adrenalin dan sistem saraf pusat, menyebabkan terjadi ketegangan, denyut nadi cepat dan lebih cepat lelah. Semua faktor ini menyebabkan wanita lebih rentan terhadap pendarahan tidak teratur

Minuman Keras : Minuman yang mengandung alkohol mengandung kesenangan bagi banyak orang, padahal alkohol mempunyai pengaruh banyak pada sistem tubuh, alkohol mempengaruhi indung telur, menyebabkan kemerosotan ovulasi dan produksi hormon sabagai akibat peminum berat akan mengalami pendarahan tidak teratur yg biasanya sembuh setelah wanita tersebut berhenti minum minuman keras.

Kafein : Kita sudah banyak mengetahui banyak sekali pengaruh kafein terhadap sistem saraf, jantung dan sistem pencernaan makanan. Kafein merangsang otak untuk berpikir lebih cepat, menghapus kelelahan dan menyebabkan timbulnya ketegangan otot. Kafein merangsang jantung untuk berdenyut lebih cepat dan lebih kuat, kadang-kadang menimbulkan rasa kurang enak karena jantung berdebar kurang dengan denyutan yang btidak teratur Kafein juga menimbulkan sakresi asam dalam perut memperparah penyakit lambung, dan kafein dalam jumlah besar bisa menyebabkan cacat lahir pada kehamilan.

Wanita yang mempunyai masalah pendarahan perlu di bebaskan dari obat penenang untuk mendapatkan irama menstruasi yang lebih normal, jauhkan dari tekanan jiwa yang berat dan stress….

Oleh : Grace M. E. Wetik,-

1 Komentar (+add yours?)

  1. Rafans Manado
    Jan 09, 2010 @ 10:43:09

    Tabea… Yang nulis, wanita cantik dan pintar. Sangat bermanfaat tulisannya,-

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: