Bergembiralah Terhadap Suatu Keberhasilan

https://i2.wp.com/pracadarepublica.weblog.com.pt/gattuso_italien2.jpgBergembiralah kalau orang lain bisa berubah sesuai dengan kehendak anda, jangan biarkan rasa cemburu menghalangi anda untuk turut bergembira dengan keberhasilan orang lain.

Cari kesempatan untuk menyampaikan pengakuan anda terhadap perbaikan pada diri orang lain. Berikan pujian terhadap “performance” bukan terhadap pribadi orang.

Salah satu kelemahan yang menonjol dalam hubungan kita dengan orang lain adalah keengganan kita untuk memberikan pujian sebagai penghargaan atas usaha-usaha yang telah mereka lakukan. sangat sedikit dari sebab-sebab kegagalan tersebut merupakan perilaku yang baik.

Memberikan Pujian akan sangat mendorong orang lain untuk melakukan usaha-usaha perbaikan lebih lanjut. Kebanyakan manusia menghendaki merasa diterima, dianggap serta mampu berkarya. Mereka mengharap persetujuan dari orang lain, terutama dari orang yang mereka hormati atau orang yang mereka cintai.

Pujian mungkin akan merupakan motivasi utama dalam hubungan antar pribadi. Tapi banyak orang yang karena sifat pribadi ataupun pola nilai yang di anut yang menghalangi mengungkapkan penghargaan.

Berikan pujian yang tulus tanpa harus memberikan pernyataan negatif kepada orang yang kita beri pujian dengan cara tidak menambah – nambahi pujian tersebut.

Bagi orang yang tidak siap menjadi pemberi pujian harus mempersiapkan diri untuk bisa memberi pujian.

Dalam hubungan dengan orang lain baik ditempat kerja ataupun dirumah, tentukan tujuan anda untuk menemukan kemenangan bukan untuk mengorek kegagalan masa lalu dan apabila kita mencari keburukan orang lain kita akan mendapatkannya dan apabila kita mencari-cari kebaikan pada diri orang lain juga kita akan mendapatkannya, apabila yang pertama kita akan menemukan keburukan pada orang lain dan kita hadapi dengan tidak tepat maka tidak mungkin kita akan memberi penghargaan.

Anda jangan bertindak seperti itu tapi pertama tama kita beri penghargaan akan kebaikan-kebaikannya.

Ingat !!! puji perilakunya bukan orangnya, itu sangat penting dalam memberikan pujian. Arahkan Pujian anda pada apa yang telah dilakukan dengan baik oleh seseorang. Hal itu akan membuat mereka sangat senang dan dalam jangka panjang juga akan efektif.

Oleh : Grace M. E. Wetik,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: