BerHenti Merokok…

http://arydwantara.files.wordpress.com/2008/06/rkk.jpgSetiap orang tahu bahwa merokok berhubungan dengan kanker paru-paru dan organ-organ tubuh lainnya, serta menuju penyakit jantung dan masalah pernapasan, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa perempuan perokok akan mengalami menapouse dini dan mempunyai banyak masalah kerapuhan tulang karena kehilangan kalsium.

Merokok adalah kecanduan yang sulit diatasi, sebab ini bertalian dengan begitu banyak aspek kehidupan emosional si perokok dan kebiasaan rutin sehari-hari.

Setelah berusia separuh baya, kebanyakan perokok sudah mengisap rokok selama dua puluh sampai tiga puluh tahun.

Walaupun demikian berhenti merokok pada saat itu tidak mustahil… Berjuta-juta orang berbuat begitu tiap tahun.

Keuntungan bagi kesehatan anda didapat pada hari pertama setelah berhenti merokok, dan makin bertambah tahun demi tahun.

Lima belas tahun anda berhenti merokok, resiko kanker paru-paru hampir serendah orang yang tidak pernah merokok, dan khusus untuk wanita sejauh yg berhubungan dengan gejala- gejala menapouse akan berkurangnya tingkat gangguan rasa panas dan meningkatnya rasa sehat.

Kalau anda seorang perokok, dengan keras saya menganjurkan anda untuk memulai tugas meninggalkan kebiasaan itu dengan memikirkan setiap batang rokok yang anda isap dan bertanya dalam hati mengapa anda memerlukannya?

Apakah anda merokok karena kebutuhan akan nikotin, karena kebiasaan, atau karena kebutuhan emosional yang tak berhubungan dengan keinginan yang sesungguhnya untuk menikmati rasa tembakau?

Coba anda catat apa yang anda dapatkan dari pikiran-pikiran tersebut. Setelah anda siap, mulailah memikirkan diri anda sebagai bukan perokok, dengan demikian berpaling pada kekuatan pikiran dan kehendak anda untuk mengubah hidup anda sendiri.

Carilah dorongan dari teman- teman bukan perokok dan orang yang menyayangi anda, bacalah buku tentang berhenti merokok, kemudian buanglah rokok anda !

Programkan pikiran anda untuk membenci rokok, asbak dan puntung rokok yang kotor dan bau. Menyingkirlah dari perokok lainnya kalau mungkin sampai keras keyakinan anda bahwa anda bukan perokok.

Banyak orang yang mempertimbangkan untuk berhenti mengisap tembakau berkata seperti ini : “Saya tahu saya harus berhenti merokok, tapi rasanya tidak bisa saya lakukan”.

Ambillah waktu sesaat untuk menganalisa pernyataan tersebut. Penggunaan kata “Harus” membuat seakan – akan anda penguasa yang lebih tinggi memerintah kepada anda sendiri untuk melakukan sesuatu dan anda akan membangkitkan kemarahan penguasa yang lebih tinggi tersebut untuk menolak.

Penggunaan kata “tidak bisa” menunjukan bahwa ada kekuatan dari luar yang mencegah anda untuk mengubah perilaku anda, tentu saja semua itu ada didalam diri anda sendiri, penguasa lebih tinggi, kekuatan dan kemauan untuk melakukan perubahanlah yang berhasil,-

Oleh : Grace M. E. Wetik,-

2 Komentar (+add yours?)

  1. amadnoy
    Feb 03, 2010 @ 03:14:29

    Info yang sangat menarik…
    Salam hangat dan salam kenal dari komunitas Mig33

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: