Membersihkan Udara didalam rumah dengan Tanaman Sanseviera

Udara kotor karena polusi tidak hanya terjadi di jalan raya namun di dalam rumah bahkan dalam ruangan kamar pun dapat saja terkena polusi udara kotor. Pada kawasan pemukiman yang terletak di dekat jalan raya sudah dapat dipastikan bahwa udara kotor dari kendaraan dan lainnya secara langsung maupun tidak langsung akan masuk ke dalam rumah. Polusi udara yang bersumber dari dalam rumah dapat saja terjadi contohnya asap rokok bila terdapat anggota keluarga yang merokok. Selain itu sumber polusi dapat berasal dari dapur. Hasil pembakaran (pemanasan) pada saat memasak pasti akan menghasilkan gas CO2, terlebih bila menggunakan kompor minyak tanah tidak sekedar gas tapi lebih daripada itu yaitu partikel abu yang halus yang akan nampak bila sudah lama mengendap berwarna hitam. Biasanya akan muncul di langit-langit ruangan dapur.Salah satu upaya untuk membersihkan udara kotor di dalam rumah adalah dengan bantuan ventilasi udara dengan maksud untuk dapat mengganti udara lama dengan udara baru. Selain ventilasi, kita dapat juga membesihkan udara secara biologis. Caranya adalah dengan memelihara tanaman Sanseviera. Jenis tanaman yang juga dikenal dengan nama “lidah mertua” ini sebetulnya sudah banyak ditanam di lingkungan pekarangan sebagai tanaman hias, terkadang juga dimanfaatkan sebagai tanaman pagar untuk jenis yang berdaun panjang. Berdasarkan bentuk daunnya tanaman Sanseviera terbagi menjadi 2 jenis yaitu jenis yang berdaun panjang dimana daun tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm, memiliki daun yang meruncing seperti pedang dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kedua jenis ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Warna daunnya hijau dengan kombinasi putih kuning atau hijau kuning, dengan motif khasnya yang beralur mengikuti arah serat daun, namun ada pula yang tidak beraturan.Tanaman ini sangat mudah ditanam dan dipelihara, karena memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Tanaman Sanseviera tahan terhadap kekeringan, namun dalam kondisi lembab atau basah, dapat berkembang lebih subur. Cara menanam dalam pot cukup mudah yaitu dengan memotong anakan yang sudah memiliki akar dari tanaman induknya, lalu lansung kita tanam dalam pot yang sudah diisi media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.
Sebelum kita pindahkan ke dalam rumah biarkan tanaman di luar rumah selama 1 minggu dengan pemeliharaan cukup disiram setiap hari. Setelah seminggu dimana, kondisi tanah mulai memadat dan perakaran sudah berkembang, tanaman Sanseviera dalam pot tersebut sudah dapat kita pindah ke dalam rumah. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, untuk menjaga kesuburan dan penampilannya sebaiknya tanaman dikeluarkan sekali dalam seminggu untuk disiram dan mendapatkan cahaya sinar matahari. Hal ini dimaksudkan agar warna daun tidak terlalu pucat dan memudar.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman Sanseviera berfungsi membersihkan udara dan secara alami mampu mengurangi polusi. Berdasarkan hasil penelitian mennyebutkan bahwa tanaman ini mampu menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang ada di udara. Kemampuan menyerap zat polutan itu, dikarenakan adanya bahan aktif pregnane glikosid pada tanaman tersebut, yang berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organic, gula dan asam amino. Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa satu helai daun tanaman sansieviera dapat menyerap 0.938 mikrogram per jam formalheid, suatu zat yang bila terakumulasi dalam tubuh dapat mengakibatkan kanker.
Dengan kemampuannya sebagai antipolutan (air freshener) sekaligus penyerap bau selama 24 jam terus menerus, letakkan sebanyak 1 atau 2 pot tanaman Sanseviera untuk setiap ruangan. Pada ruangan-ruangan yang lebih banyak udara kotornya seperti dapur atau ruang tamu yang langsung menghadap ke arah jalan raya, letakkan lebih banyak lagi. Untuk menambah unsur seni dan keindahan, dapat pula kita ikatkan pita berwarna pada setiap rumpun daun sehingga lebih cantik sehingga tanaman ini dapat diletakkan berdekatan dengan benda-benda penghias ruangan lainnya seperti patung dan lain-lain.

Demikian salah satu cara sederhana yang mudah, murah, aman dan berwawasan lingkungan untuk membersihkan udara di lingkungan dalam rumah. Dengan memelihara tanaman Sanseviera, secara tidak langsung kita juga mendukung keberlangsungan dan kelestariannya, karena di habitatnya sendiri tanaman ini sudah terancam punah.

 
Oleh        : Editha G. Wetik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: